Tuesday, January 29, 2019

Lampu LED Berjalan (Running LED) Menggunakan Arduino Dengan WHILE


Pada postingan ini kita akan mencoba membuat Lampu LED Berjalan (Running LED) Menggunakan Arduino, namun  yang membedakan adalah penggunaan algoritma WHILE

Kelebihannya, program yang dibuat akan jauh lebih sederhana. Berbeda dengan program konvensional.

Jika menggunakan program konvensional, Bayangkan saja jika terdapat 13 LED, kita harus membuat program satu persatu dengan perintah digital write high dan low beserta delaynya. 

Berbeda dengan dengan WHILE, penulisannya akan lebih singkat dan sangat sederhana. 

Sebenarnya hampir mirip dengan FOR, Cuma hal yang membedakan adalah inisialisasi awal variablenya. Oke langsung saja kita ulas bersama.

Rangkaian Running LED

Gambar 1. Rangkaian Running LED 

Alat dan Bahan

  • 5 Buah LED 
  • 5 Buah Resistor 330Ω Ohm
  • Kabel Jumper Secukupnya
  • 1 Buah Protoboard
  • 1 Buah Arduino 

Sketch Program

Berikut adalah program dari Lampu LED Berjalan (Running LED) Menggunakan Arduino dengan WHILE. 

Kita menggunakan Pin 5, 6, 7, 8, dan 9 sebagai keluaran LED.


Int i; adalah pendeklarasian variable global. Maksudnya, Variable itu dapat digunakan sebagai pengenalan "i" berupa Integer bisa digunakan diseluruh bagian program.

Void Loop berguna sebagai program utama. Jika dalam sebuah film adalah jalan cerita utamanya. Disana, terdapat WHILE yang digunakan sebagai metode yang digunakan

Perbedaannya jika WHILE variable "i" perlu diberi nilai awal yaitu i=5; selanjutnya masuk ke fungsi WHILE. Selanjutnya While (i<=9) akan masuk kedalam program digitalwrite (i,High) untuk menyalakan LED . i menunjukan pin setiap perulangan. Setelah itu delay selama 1 detik. Selanjutnya, digitalwrite (i,Low) untuk mematikan LED.

Setelah program tersebut ditambahkan i++ untuk menambah perulangan. Ketika "i" sudah lebih dari 9 maka program didalam while tidak dapat dieksekusi.

Program langsung mengarahkan ke return 0; . Sehingga, "i" kembali ke 0 dan memulai kembali dari awal. Begitupun seterusnya.

Berbeda dengan FOR, pendeklarasian langsung  diawal. For (i=5;i<=9;i++) terlihat pendeklarasian berada diawal.

Sebenarnya secara prinsip kerja sama. Maksudnya, keduanya bisa digunakan untuk perulangan untuk n kali. Contoh ingin melakukan perulangan 5 kali seperti pada program LED berjalan diatas.
, ,

1 comment:

  1. Om, rencana saya mau bikin lampu alis untuk motor dgn ws2811, dimana pd saat kunci kontak on bisa / ada welcome lightnya trus standby ke mode rgb nya, untuk fitur sein ttp menggunakan warna kuning (running / spt model lexus atau audi) tp disini saya masih awam soal arduino, boleh om request untuk codingannya?
    Untuk panjang alis sekitar 28cm dan setelah saya ukur itu dpt 6 ic (ws2811 saya 1 ic 3 led).
    Terima kasih

    ReplyDelete