Tuesday, January 29, 2019

Lampu LED Berjalan (Running LED) Menggunakan Arduino Dengan FOR


Pada postingan ini kita akan mencoba membuat Project Lampu LED Berjalan (Running LED) Menggunakan Arduino, tapi yang membedakan adalah penggunaan algoritma FOR. 

Kelebihannya, program yang dibuat akan lebih sederhana. Berbeda dengan program konvensional.

Jika menggunakan program konvensional, Bayangkan saja jika terdapat 13 LED, kita harus membuat program satu persatu dengan perintah digital write high dan low beserta delaynya. Berbeda dengan dengan FOR, penulisannya akan lebih singkat dan sangat sederhana. 

Well, pasti udah tidak sabar untuk belajar kan? langsung saja kita bahas programnya. Namun sebelum itu, kita perlu tahu alat dan bahan yang digunakan. 

Rangkaian Running LED

Gambar 1. Rangkaian Running LED 

Alat dan Bahan

  • 5 Buah LED 
  • 5 Buah Resistor 330Ω Ohm
  • Kabel Jumper Secukupnya
  • 1 Buah Protoboard
  • 1 Buah Arduino 

Sketch Program

Berikut adalah program dari Lampu LED Berjalan (Running LED) Menggunakan Arduino dengan FOR. 

Kita menggunakan Pin 5, 6, 7, 8, dan 9 sebagai keluaran LED.


Int i; adalah pendeklarasian variable global. Maksudnya, Variable itu dapat digunakan sebagai pengenalan "i" berupa Integer bisa digunakan diseluruh bagian program.

Void Loop berguna sebagai program utama. Jika dalam sebuah film adalah jalan cerita utamanya. Disana, terdapat FOR yang digunakan sebagai metode yang digunakan

FOR (i=5) maksudnya adalah pendeklarasian awal output LED di pin 5 . sementara i<=9 adalah pembatasan hingga LED pin 9. Sementara i++ digunakan untuk menambah setiap perulangan.

"i" akan masuk pada program digitalwrite (i,High) untuk menyalakan LED . "i" menunjukan pin setiap perulangan. Setelah itu delay selama 1 detik. Selanjutnya digitalwrite (i,Low) untuk mematikan LED.

Pada perulangan pertama dimulai dari pin 5 dilanjut ke pin 6 hingga berakhir di pin 9. Saat sudah mencapai pin 9. Program akan melanjutkan ke return 0. Sehingga "i" akan bernilai 0 kembali.

Saat sudah menjadi 0, program akan mengulang kembali ke pin 5. Kemudian begitulah seterusnya.

, ,

No comments:

Post a Comment