Monday, February 18, 2019

Instruksi Timer pada PLC Omron


Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai beberapa cara penggunaan instruksi timer pada PLC Omron secara sederhana. 

Simbol Instruksi Timer
Timer merupakan instruksi pewaktuan, biasanya digunakan sebagai waktu tunda (delay). Terdapat dua parameter yaitu Timer Number dan Set Value, Timer number diisi dengan nomor timer yang akan digunakan, sedangkan Set Value diisi dengan nilai timer. Timer ini memiliki satuan 0.1 detik, sebagai contoh jika kita ingin menghitung waktu selama 5 detik, maka kita memasukan nilai 50 pada Set value. Pada PLC Omron CP1L, kita dapat menggunakan timer sebanyak 4096 buah timer, dan waktu maksimal yang dapat digunakan yaitu 999,9 detik.

Berikut merupakan beberapa cara menggunakan instruksi Timer dalam program PLC
1. On Delay
Timer akan digunakan untuk membuat sebuah aplikasi sangat sederhana, yaitu menghidupkan OUTPUT setelah 5 detik tombol START ditekan dan akan menahan status OUTPUT tetap ON selama tombol START juga ON. Perhatikan diagram pewaktuan berikut:

2. Off Delay
Timer akan digunakan untuk membuat sebuah aplikasi sangat sederhana, yaitu mematikan OUTPUT setelah 5 detik tombol START dimatikan. Perhatikan diagram pewaktuan berikut:

3. On-Off Delay
Timer akan digunakan untuk membuat sebuah aplikasi sangat sederhana, yaitu menghidupkan OUTPUT setelah 5 detik tombol START ditekan dan akan mematikan OUTPUT setelah 5 detik tombol START dimatikan. Perhatikan diagram pewaktuan berikut:

4. On Sesaat
Timer akan digunakan untuk membuat sebuah aplikasi untuk menghidupkan OUTPUT saat tombol START ditekan dan akan menahan status OUTPUT tetap ON  selama 5 detik. Tidak peduli tombol START di-ON sesaat atau lebih lama dari 5 detik Perhatikan diagram pewaktuan berikut:


,

1 comment:

  1. Your Affiliate Money Making Machine is ready -

    Plus, getting it running is as simple as 1---2---3!

    Here's how it all works...

    STEP 1. Choose which affiliate products the system will push
    STEP 2. Add some push button traffic (this LITERALLY takes 2 minutes)
    STEP 3. Watch the system grow your list and sell your affiliate products all for you!

    Do you want to start making profits???

    You can test-drive the system for yourself risk free...

    ReplyDelete