Saturday, February 23, 2019

Instruksi SHIFT pada PLC Omron


Pada artikel ini kami akan membahas mengenai instruksi SHIFT pada PLC omron.
Ladder simbol
Instruksi Shift digunakan untuk menggeser bit dalam area memori, penggeserannya dilakukan dari bit terendah ke bit tertinggi.
Instruksi SFT(010) memiliki dua parameter yaitu Starting word dan End word, starting word dan end word harus dalam data area yang sama, data akan digeser dimulai dari Starting word ke End word. Srarting word harus lebih kecil atau sama dengan End word, jika tidak maka program akan error.
Data Area yang dapat digunakan
Instruksi SFT pun memiliki tiga masukan yaitu Data input, Shift Input, dan Reset input. Data Input merupakan masukan yang menentukan nilai bit yang akan digeser, Shift Input digunakan untuk menggeser bit, Reset input merupakan masukan yang digunakan untuk mereset area memori menjadi 0. Jika Data Input dalam keadaan OFF, maka saat Shift Input diubah dari OFF menjadi ON bit yang digeser bernilai 0. Jika Data Input dalam keadaan ON, maka saat Shift Input diubah dari OFF menjadi ON bit yang digeser bernilai 1. Jika Reset Input ON, maka seluruh bit dalam register akan  menjadi 0 semuanya.

Sebagai contoh, dalam rangkaian dibawah kami mencoba pada Starting word 201 dan End word 201, maka alokasinya hanya sebesar 16 bit. Kami mencoba memasukan data On satu kali, lalu data OFF tiga kali, lalu ON dua kali, maka dapat dilihat data pada bit ke-5, 2, dan 0, bernilai 1 atau SET, dan pada bit ke-4, 3, dan 2 bernilai 0 atau RESET (kami menjadikan bit pada word 200 sebagai kontak normally open agar dapat secara mudah untuk dilihat).

,

No comments:

Post a Comment