Wednesday, February 6, 2019

Instruksi Dasar Pemrograman PLC (Programmable Logic Controller)


Pada artikel ini kami akan membahas secara singkat mengenai instruksi dasar pemrograman menggunakan ladder diagram / diagram tangga, diantaranya LD, LD NOT, AND, AND NOT, OR dan OR NOT.
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa dalam blog ini akan lebih condong menggunakan PLC Omron, maka pada instruksi dibawah pun kami menggunakan software CX-Programmer dari PLC Omron, pengalamat dan instruksinya pun menggunakan pengalamatan dan instruksi pada PLC Omron.

I: 0.00 adalah masukan, sementara untuk Q: 100.00 adalah keluaran. Biasanya masukan bisa berupa sensor yang memiliki logika nol atau satu seperti proximity sensor, push button, saklar, dan lainnya. Sementara untuk keluaran biasanya adalah lampu, kontaktor, pneumatik, hidrolik atau bahkan motor.

Instruksi LOAD dan LOAD NOT

Instruksi LOAD dan LOAD NOT menentukan kondisi eksekusi awal, oleh karena itu, dalam diagram ladder disambung ke bus bar sisi kiri.

Ladder Diagram LD dan LD NOT
Kode mnemonic LD dan LD NOT
Pada rung 0 terdapat Instruksi LD karena kontak yang digunakan merupakan kontak Normally Open, sedangkan pada rung 1 instruksinya LD NOT karena kontak yang digunakan merupakan kontak Normally Close.

Instruksi AND dan AND NOT

Prinsip logika AND  adalah logika DAN. Keluaran akan bernilai satu jika kedua masukan bernilai satu. Sehingga, ketika salah satu masukan bernilai nol maka keluaran akan bernilai nol. Hal tersebut membuat keluaran tidak aktif.

Biasanya hubungan logika dan itu adalah hubungan seri. Sementara logika AND NOT adalah kebalikan dari logika AND.

Jika dua atau lebih kontak disambung seri pada garis yang sama, kontak pertama berkait dengan instruksi LOAD atau LOAD NOT dan sisanya adalah instruksi AND atau AND NOT.
Ladder Diagram AND dan AND NOT
Kode mnemonic AND dan AND NOT
Secara singkatnya perbedaan antara instruksi AND dan AND NOT ini terletak pada kondisi kontak sesudahnya.

Instruksi OR dan OR NOT

Prinsip logika OR adalah logika Atau. Keluaran akan bernilai satu jika salah satu masukan bernilai satu. Sehingga, ketika kedua masukan bernilai nol maka keluaran akan bernilai nol. Hal tersebut membuat keluaran tidak aktif.

Biasanya hubungan logika dan itu adalah hubungan paralel. Sementara logika OR NOT adalah kebalikan dari logika OR.

Jika dua atau lebih kontak terletak pada dua instruksi terpisah dan disambung paralel, kontak pertama mewakili instruksi LOAD atau LOAD NOT dan sisanya mewakili instruksi OR atau OR NOT.
Ladder Diagram OR dan OR NOT
Kode mnemonic OR dan OR NOT
Secara singkatnya perbedaan antara instruksi OR dan OR NOT ini terletak pada kondisi kontak dibawahnya.



,

1 comment: